Thursday, October 30, 2008

Pentingnya Rasa Percaya diri

Ada beberapa langkah yang bisa kita gunakan untuk menumbuhkan rasa percaya diri :
  1. Perhatikan postur tubuh
    Perlu diketahui bahwa sikap kita berjalan, sikap kita duduk atau berdiri mengirimkan pesan tertentu kepada orang-orang disekeliling kita, jika pesan itu memancarkan rasa percaya diri, kita akan mendapatkan tanggapan yang positif dari orang yang ada di sekeliling kita. Jadi mulai sekarang perhatikanlah sikap duduk, berdiri dan berjalan anda, untuk menunjukan bahwa kita memiliki rasa percaya diri
  2. Bergaullah dengan orang yang memiliki rasa percaya diri dan berpikiran positif.
    Lingkungan membawa pengaruh besar pada seseorang. Jika anda terus berbaur dengan orang-orang yang memiliki rasa rendah diri, pengeluh, pesimis, kita juga akan ikut-ikut pesimis atau rendah diri, sehingga kita tidak memiliki rasa percaya diri, sebaliknya jika kita dikelilingi oleh orang-orang yang optimis, berpikiran positif dan percaya diri, maka kita akan ikut-ikutan berpikiran positif dan penuh rasa percaya diri.
  3. Jangan takut mengambil resiko atau berbuat salah.
    Anggaplah suatu kesalahan atau kegagalan adalah awal dari sebuah keberhasilan. sebagai contoh ; Thomas Alfa Edison, sebelum dia berhasil menemukan lampu pijar, dia telah sering melakukan kesalahan-kesalahan, namun dia tidak pernah putus asa dan akhirnya dia berhasil.
  4. Latihan.
    Kapanpun anda ingin merasakan rasa percaya diri, kuncinya adalah latihan sesering mungkin. Dengan kemampuan yang terlatih, anda tidak akan kesulitan menampilkan rasa percaya diri kapanpun itu dibutuhkan.
Sering kali orang yang terlalu percaya diri dianggap oleh orang lain orang yang sombong. Sebenarnya dimana sih perbedaan orang yang percaya diri dengan orang yang sombong ?

Berikut ada beberapa tips yang dapat kita pergunakan untuk mengetahui apakah kita ini seorang yang sombong atau seorang yang sangat percaya diri :

  1. Orang sombong selalu menganggap dirinya lebih dari orang lain. Sedang orang yang percaya diri percaya bahwa dirinya memiliki talenta dan kelebihan.
  2. Orang sombong merasa dirinya selalu tahu apa yang baik untuk orang lain. Sedangkan orang yang percaya diri selalu terbuka pendapatnya untuk orang lain.
  3. Orang sombong biasanya tajam terhadap orang yang dianggap saingannya. Orang percaya diri sudah memiliki kemampuan untuk bersaing.
  4. Orang sombong tidak mau mengakui kesalahannya. Orang percaya diri tidak takut mengaku bahwa ia berbuat salah.
  5. Orang sombong biasanya suka jika orang lain melakukan kesalahan. Orang yang percaya diri suka membantu orang menghadapi kesalahan yang mereka perbuat.
  6. Orang sombong biasanya suka membanggakan diri sendiri, sedangkan orang yang percaya diri lebih suka diam.
Nah sekarang tentukan sombong atau percaya dirikah anda ?

No comments: