Tuesday, November 25, 2008

Kriteria Ketuntasan Minimal ( KKM ) Ala Bang Rait

Rekan-rekan guru yang caem, nampaknya kerjaan kita-kita guru dari hari ke hari bukan semakin sedikit namun semakin padat dan banyak, maka sering kita-kita ngeluhin kalau kerjaan kita ngak sesuai dengan pendapatan yang kita peroleh(terutama bagi mereka yang belum sertifikasi tentunya.)

Hal ini terlebih lagi dikarenakan Pemerintah yang kayaknya tidak konsisten dengan produk yang telah mereka luncurkan ( ya.. tentunya dalam bentuk kurikulum), terkadang pemerintah kita terkesan sistim coba-coba, padahal hal inikan dapat merugikan masyarakat ramai, sebagai contoh Kurikulum Berbasis Kompetensi yang kita kenal dengan KBK belum lama diluncurkan dan bahkan belum diketahui cocok atau tidak untuk negara kita, belum apa-apa udah diganti dengan kurikulum yang baru, padahal waktu meluncurkannyakan pemerintah bilang bahwa ini Kurikulum yang yang handal dan bisa meningkatkan kemampuan anak di sekolah karena katanya di Jepang pembelajaran model ini telah berhasil (ini Indonesia bung... bukan Jepang atau Amrik)

Belum sempat merasakan nikmatnya KBK kini datang lagi Kurikulum yang baru yang sekarang sobat-sobit guru kenal dengan nama KTSP( tahun depan tah apalagi tuh Kurikulum yang akan diluncurkan, mudah-mudahan deh ngak terlalu merepotkan kita-kita guru)

Rekan-rekan guru yang pintar-pintar(kalau ngak pintar mana bisa jadi guru)beberapa perangkat pembelajaran yang kita harus persiapkan sebagai senjata kita-kita di sekolah agar tentunya kerjaan kita bisa dilaksanakna dengan lancar paling tidak kita harus memiliki Silabus, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dan Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM), Untuk kali ini Bang Rait hanya Membahas masalah KKM ( itupun sebatas pengetahuan Bang rait za).

Memang benar dalam Kurikulum KTSP setiap Satuan Pendidikan Memiliki KKM yang berbeda, namun disini saya hanya ingin membagi sedikit pengetahuan cara menghitung KKM itupun untuk menjawab pertanyaan teman-temannya bang Rait yang belum paham.

Pada dasarnya KKM terdiri dari SK, KD, INDIKATOR, KRITERIA (yang terdiri dari aspek-aspek; KOMPLEKSITAS, DAYA DUKUNG, INTAKE ), KRITERIA KETUNTASAN MINIMAL(Terdiri dari aspek-aspek sbb; INDIKATOR, KOMPETENSI DASAR, SEMESTER dan MATAPELAJARAN).

SK pada lembar KKM dapat hanya ditulis berupa angka sesuai dengan SK yang ada di Kurikulum.

KD pada lembar KKM ditulis juga poin-poin KD yang ada di Kurikulum.

INDIKATOR, untuk indikator harus dituliskan sesuai dengan indikator yang akan sobat ajarkan yang ada pada KD tersebut.

KOMPLEKSITAS, disi berdasarkan pengalaman sobat-sobat dalam mengajar materi pada indikator yang dimaksud diperhatikan tingkat kesulitan materinya atau penguasaan siswa pada materi dari indikator yang kita ajarkan tersebut.

Untuk menentukan nilai dari KOMPLEKSITAS ada tiga rentang yang dapat kita pergunakan sebagai patokan; 50 - 64 = Tinggi, 65 - 80 = Sedang, 81 - 100 = Rendah, nah silahkan rekan-rekan tentukan kompleksitas materi tersebut sesuai dengan keadaannya.

Untuk menentukan nilai DAYA DUKUNG, dilihat dari pertama, peralatan atau media atau buku yang ada untuk mendukung materi yang kita ajarkan. Kedua, Kemampuan yang dimilki oleh guru itu sendiri termasuk didalam daya dukung, dan yang ketiga keadaan anak didiknya juga diperhatikan didalam menentukan DAYA DUKUNG ini. Adapun rentang nilai yang dipergunakan untuk menentukan daya dukung ini adalah sbb: 50 - 64 = rendah, 65 - 80 = Sedang, 81 - 100 = Tinggi, nah silahkan rekan-rekan tentukan sendiri daya dukungnya.

Untuk menentukan nilai INTAKE memang agak rumit terutama bagi siswa yang baru masuk kelas VII namun inipun dapat diambil dari nilai rata-rata mata pelajaran tersebut waktu mereka di Sekolah Dasar, atau dapat diambil melalui tes, Jika yang kelas VIII dan kelas IX dapat di ambil dari rata-rata nilai raport kelas sebelumnya. Dan biasanya nilai INTAKE ini sama untuk seluruh siswa pada jenjang kelas yang sama dan mata pelajaran yang sama. Adapun rentang nilai yang dipergunakan untuk menentukan nilai INTAKE ini adalah sbb: 50 - 64 = rendah, 65 - 80 = Sedang, 81 - 100 = Tinggi, nah silahkan rekan-rekan tentukan sendiri.

Nilai INDIKATOR dihitung berdasarkan nilai rata-rata dari KOMPLEKSITAS + DAYA DUKUNG + INTAKE dibagi 3

Nilai KOMPETENSI DASAR dihitung dengan menambahkan nilai-nilai indikator pada KD tertentu lalu dibagi dengan banyaknya INDIKATOR yang ada pada KD tersebut.

NIlai SEMESTER dihitung berdasarkan jumlah nilai KOMPETENSI DASAR yang ada pada semester tersebut dibagi dengan jumlah KD yang ada pada semester tersebut.

Sedangkan nilai MATAPELAJARAN dihitung berdasarkan jumlah nilai semester dibagi 2.

Nah rekan-rekan guru kayaknya udah pegal nih tangan silahkan coba hitung sendiri semoga apa yang bang Rait buat disini ada manfaatnya.

Bagi rekan-rekan yang ingin mendownload beberapa KKM yang sudah jadi silahkan Klik di bawah ini.


1. KKM IPA kelas VII download

2. KKM IPA kelas VIII download

3. KKM IPA kelas IX download

4. KKM IPS kelas VII download

5. KKM IPS kelas VIII download


Rekan-rekan guru SMP yang cakep-cakep dan ganteng-ganteng terutama guru-guru Bahasa Ingris, jika ingin memiliki beberapa media pembelajaran berbasis ICT atau TIK silahkan klik di bawah ini, namun dikit aza yah dulu maklum lah lagi sibuk ULUM :



  1. Young Frog
  2. download

  3. Vocabulary(Flash card)
  4. download


Bagi rekan-rekan guru yang belum tahu cara membuat blog kayak Bang Rait (maklum masih belajar) atau pingin tahu cara mempercantik blog anda silahkan klik disini

2 comments:

Hadi Bronto said...

hai bang, boleh juga tuch bagi bagi media pembelajaran nya, terutama untuk mapel TIK. Thank's

Hatmoko's File said...

thanks bantu kita2 ya bang
Saya dwi hatmoko