Wednesday, December 3, 2008

PEMBELAJARAN BERBASIS TIK (ICT)

Rekan-rekan guru yang pintar-pintar, Pemerintah nampaknya ndak henti-hentinya mencari terobosan-terobosan baru di dunia pendidikan terutama yang berhubungan dengan pembelajaran. Kayaknya bagi kita-kita guru yang berada di daerah bakal dibuat lebih pusing dengan jenis pembelajaran ini. Dua tahun terakhir pemerintah telah meluncurkan metode pembelajaran berbasis Internet, dimana sekolah yang telah belajar menggunakan media ini sudah dikatagorikan kedalam schoolnet, jadi kita kita guru kayaknya harus menguasai penggunaan teknologi. Sementara masih banyak rekan-rekan guru di daerah yang belum dapat menggunakan teknologi Komputer. Jangankan Internet Menjalankan komputer aza masih menjadi masalah bagi sebagian kita( Bang Rait mohon ma'af kepada rekan-rekan yang belum tahu, ini fakta lho), namun jangan khuatir untuk kali ini Bang Rait akan memberi sedikit panduan membuat presentasi berbasis TIK (ICT) dalam hal ini menggunakan Microsoft Power Point 2003, ini untuk membantu teman-teman yang meminta bang Rait membimbing mereka namun kayaknyak ndak dapat dilayani semua dan kali inipun Bang Rait hanya menjelaskan yang pokok-pokoknya saja.

  1. Membuka Lembar kerja Microsoft Power Point
    Membuka lembar kerja Ms.Power Point dapat dilakukan dengan mengklik menu start lalu pilih all program kemudian pilih Microsoft Office kemudian pilih Microsoft Power point, atau dapat juga dengan double klik pada ikon Ms. Power Point yang ada di Desktop.

  2. Mengatur Tata letak Teks dan Perataan Teks Pada MS. Power Point.
    Setelah kita membuka lembar kerja Ms. Power Point seperti nampak pada tampilan gambar di atas, klik pada kotak yang bertulisan click to add title untuk menempatkan halaman judul pada presentasi kita, jika sudah memasukan halaman judul klik pada kotak kedua yang bertuliskan click to add subtitle untuk memasukan penjelasan kita yang berikutnya. Untuk mengatur besar kecilnya tulisan dapat dilakukan dengan mengklik pada kotak dari tulisan yang ingin kita atur, namun ingat disini kursor tidak boleh aktif atau berkedip-kedip, hanya terseleksi setelah itu pilihlah jenis dan besar tulisan yang kita kehendaki pada toolbar diatas lembar kerja, atau jika kita ingin membuat perataan silahkan klik pada ikon untuk mengatur perataan, baik itu rata kiri, atau rata tengah.

  3. Menambahkan Efek Animasi Pada Slide.
    Nah rekan rekan setelah kita membuat beberapa slide, agar nampak lebih menarik untuk ditampilkan didepan kelas maka kita perlu juga memberi sedikit animasi pada presentasi kita, hal ini agar siswa tertarik dengan apa yang kita ajarkan dan membuat mereka lebih memperhatikan apa yang sedang kita paparkan. Untuk memberi animasi pada presentasi kita, dapat kita lakukan dengan mengklik pada kotak dimana teks yang ingin kita beri animasinya, sekali lagi kursornya tidak boleh aktif, kemudian pilihlah menu Slide Show kemudian pilih sub menu Custom Animation lalu klik pada tab add effect dan silahkan pilih jenis animasi yang anda inginkan, lanjutkan pada slide berikutnya dengan cara yang sama.
  4. Selamat mencoba !
Untuk rekan-rekan yang ingin membuat presentasi nya menggunakan Hyper link silahkan baca pada halaman Tip dan Trik membuat Power Point menggunakan Hyper link.

No comments: